Senin, 23 Januari 2017

Menemukan bentuk berlian yang terbaik


Selain jenis dan harga, seorang yang hendak membeli berlian biasanya juga akan memperhatikan bentuk berlian yang hendak mereka beli. Sesuatu yang terlihat simple namun kadang membuat bingung banyak orang untuk menentukan mana yang terbaik.

Proses pengambilan keputusan untuk menentukan bentuk berlian yang hendak dibeli itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi dengan banyakaknya rekomendasi yang saling bertentangan, kadang hal ini semakin membuat seorang menjadi pusing sendiri sebenarnya manakah bentuk berlian yang terbaik itu?

Jika anda masih kebingungan untuk menentukan mana bentuk berlian terbaik yang bisa dipilih, cobalah untuk memperhatikan berlian yang memiliki bentuk bulat. Berlian dengan bentuk bulat atau yang biasa disebut sebagai round cut merupakan bentuk berlian yang paling banyak dicari untuk koleksi dan hampir sebagian besar para pengkoleksi logam mulia juga mengatakan ini adalah bentuk terbaik dari yang ada.

Selain itu bentuk berlian bulat sebelum proses produksi biasanya sudah diatur facet-facetnya sehingga bentuk ini memiliki potensi keindahan yang jauh lebih baik dibandingkan bentuk lainnya. Namun bentuk bulat ini juga harus memperhatikan beberapa faktor lainnya, salah satunya harus memiliki proposi yang ideal.
Jika berbicara tentang proposi yang ideal, maka hal ini tidak bisa dilepaskan dari hitungan matematika yang tepat. Begitu juga dengan bentuk berlian bulat yang proposional ini, dalam pembuatanya ia juga harus mengunakan hitungan matematikan yang cukup rumit.

Dahulu hitungan matematik terkait dengan bentuk yang proposional ini memang tidak terlalu diperhatikan. Namun sekitar tahun 1900 seorang bernama Marcel Tolkowsky mengembangkan proposi ideal bentuk berlian, dan akhirnya beberapa indutri berlian juga mengadopsi hitungan yang diperkenalkan oleh ahli matematika tersebut.

Sejak saat itu bentuk berlian bulat menjadi sangat populler, bahkan sampai saat ini semua jenis berlian yang beredar dipasaran hampir sebagian besar memiliki bentuk bulat dengan prosentase sekitar 70%. Hal inipun sangat wajar mengingat berlian bulat atau briliant round cut diamond memiliki banyak kelebihan dibandingkan bentuk lain dimulai dari memiliki bentuk yang fleksible untuk kategori perhiasan, dan juga memiliki nilai dipresion yang jauh lebih baik dibandingkan dengan bentuk lain.

Pemotongan berlian bulat yang ideal menurut Marcel Tolkowsky


Bisa dibilang Marcel Tolkowsky merupakan salah satu orang yang memiliki jasa yang besar terkait dengan penggunaan hitungan proposi ideal berlian bulat. Bukunya dengan judul Diamond Desain pun memberikan perubahan yang sangat besar terhadap cara pemotongan sebuah berlian.

Dalam buku tersebut, Marcel Tolkowsky mengatakan bahwa berlian indah yang memiliki kerlap-kerlip dan memantulkan cahaya haruslah melalui hitungan matematikan tertentu dalam pemotongannya. menurut Tolkowsky, pemotongan berlian yang ideal harus memiliki table sebesar 53%. Penentuan range ini tetap digunakan, namun untuk jumlahnya sendiri bisa disesuaikan lagi dengan melibatkan perhitungan yang lebih detail dan dibantu dengan teknologi yang canggih.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemotongan memang memilik pengaruh yang sangat besar terkait dengan keindahan tampilan berlian. Tidak hanya Marcel Tolkowsky saja, kini lembaga lain yang menjadi pengamat logam mulia berlian juga memiliki standart range sendiri untuk menentukan pemotongan ideal seperti GIA dan juga ADS.

Jadi ketika anda mempertanyakan manakah bentuk berlian yang terbaik itu? Sebagian besar pengamat berlian pasti akan menjawab bentuk berlian terbaik adalah yang memiliki bentuk bulat atau round cut diamond. Salah satu istilah yang selama ini masih sulit dipahami oleh orang awam terkait dengan berlian bulat adalah penyebutan 57facet dan juga 58facet. Kedua hitungan ini sebenarnya menyebutkan berlian dengan bentuk yang sama yaitu bulat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar